Tugas Softskill 4IA17
Profil Perusahaan Shopee
Dosen: Waliya Rahmawati
Matkul: Pengantar Bisnis Informatika
Nama: Jag Erdani Bhayang P
Kelas: 4IA17
NPM: 53415516
Deskripsi Perusahaan
Shopee merupakan
perusahaan e-commerce yang berada di bawah naungan Garena (berubah
nama menjadi SEA Group), perusahaan internet di Asia
Tenggara. Menjalankan bisnis C2C mobile marketplace, Shopee resmi
diperkenalkan di Singapura pada tahun 2015 yang diikuti dengan negara Malaysia,
Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.
Mengusung
visi "Menjadi C2C Mobile Marketplace Nomor 1 di Asia Tenggara",
Shopee yang berada di bawah naungan CEO, Chris Feng, pria lulusan terbaik
dari Universitas Nasional Singapura yang memungkinkan
para penggunanya membeli atau menjual barang melalui aplikasi yang
tersedia di platform iOS dan Android.
Shopee Indonesia resmi diperkenalkan di Indonesia pada Desember
2015 di bawah naungan PT Shopee International Indonesia. Menawarkan one stop
mobile experience, Shopee menyediakan fitur live chat yang memudahkan para
penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi dengan mudah dan cepat.
Barang
atau Jasa yang spesifik dalam bidang TIK
Shopee Indonesia sebagai sarana jual beli daring yang menyediakan berbagai produk untuk menunjang
aktivitas sehari-hari yang mencakup fashion, gadget, alat kosmetik, alat
elektronik, hobi dan koleksi, fotografi, perlengkapan olahraga, otomotif,
vitamin dan suplemen, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, souvenir dan
pesta, hingga voucher belanja.
Luas
Lingkup area Bisnis
Kontribusi
terhadap penjualannya mencapai 40 persen. Shopee tumbuh pesat di tingkat
regional dengan nilai transaksi lebih dari USD 3 miliar. Tingkat pengunduhan
aplikasi juga cukup besar, yaitu 50 juta unduhan. Di Indonesia, Shopee diunduh
18 juta kali dengan lebih dari 60 juta pengguna aktif dan 750.000 penjual.
Total di tujuh negara, ada lebih dari 3 juta penjual. Cakupan wilayah shopee sangatlah luas
karena bekerjasama dengan jasa logistic di Indonesia.
Shopee Indonesia berkerjasama dengan beberapa jasa logistik
di Indonesia, seperti JNE, J&T
Express, GO-JEK (Go-Send), dan Pos Indonesia untuk membantu proses pengiriman barang.
Informasi
penting lainnya
Netizen
Brand Choice Award
Shopee menerima "The Indonesian Netizen Brand Choice Award
2017" untuk kategori Belanja Online pada Maret 2017. Penghargaan ini
merupakan bagian dari komitmen media Warta Ekonomi untuk mengapresiasi
perusahaan dan brand di seluruh negeri yang telah menunjukkan dampak positif
signifikan pada platform digital, khususnya di Media Sosial.
Marketing
Award
Shopee menerima penghargaan sebagai salah satu pemenang “The
Best in Marketing Campaign” di ajang penghargaan bergengsi Marketing Award 2017
yang dipersembahkan oleh Majalah Marketing pada September 2017 lalu. Terpilihnya
Shopee merupakan pengakuan atas suksesnya kampanye pemasaran yang terpusat pada
pengguna pada tahun sebelumnya, seperti Mobile Shopping Day 2016 dan Kampanye
Ulang Tahun “Paling Murah” yang memberikan kontribusi signifikan terhadap
performa bisnis Shopee dan industri e-commerce secara umum.
Bright
Awards Indonesia 2017
Shopee menerima penghargaan di ajang “Bright Awards Indonesia
2017” untuk kategori Iklan Paling Berkesan (The Brightest Ad) mengungguli
6 nominator lainnya. Terpilihnya Shopee merupakan hasil pengakuan dari voting masyarakat
Indonesia atas suksesnya iklan Shopee yang bertajuk “Parodi Jokowi”. Iklan ini
mengusung tema kedekatan lokal Presiden Joko Widodo, yang sering memberikan sepeda
untuk masyarakat Indonesia.
10 Iklan Terpopuler
versi Youtube Indonesia
Shopee menerima penghargaan sebagai sepuluh iklan terpopuler
yang paling banyak ditonton di platform Youtube Indonesia. Penghargaan ini
dipilih Youtube Indonesia berdasarkan faktor penyampaian cerita secara bertahap
dalam beberapa bagian, lokal dan seasonal, penggunaan sosok lokal
yang tepat, serta durasi yang tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar