Selasa, 21 Maret 2017

Invisible reCAPTCHA Fitur Google baru

Google Pekenalkan Invisible reCAPTCHA Untuk Memudahkan Pengguna Mengakses Berbagai Layanan

Jika anda sering bermain di dunia maya dan mengakses layanan tertentu, pastinya Anda tahu apa itu CAPTCHA, yang merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. CAPTCHA adalah sejenis kaedah challenge-respons untuk memastikan bahwa respon yang dihasilkan hanya boleh dibuat oleh manusia dan bukannya komputer. Salah satu alasan perlunya menggunakan CAPTCHA adalah untuk mencegah bot untuk mendaftar dan login ke berbagai layanan. Namun terkadang CAPTCHA yang digunakan cukup menyulitkan kita saat membacanya hanya untuk memastikan bahwa kita benar-benar manusia.
Itulah sebabnya mengapa Google menciptakan reCAPTCHA yang pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk mengisi centang ke box untuk mengkonfirmasi mereka bukan robot. Meskipun cara Ini cukup nyaman karena kita tidak perlu mengetik apapun, tampaknya Google ingin membuatnya lebih sederhana dengan memperkenalkan reCAPTCHA yang tidak terlihat.
Pada dasarnya ini adalah sistem baru yang bahkan tidak memerlukan input apapun dari pengguna untuk mengkonfirmasi bahwa mereka memang manusia, bukan bot. Google tidak menjelaskan secara detail cara kerja dari sistem baru ini, namun mereka mengatakan bahwa sistem ini menggunakan, “kombinasi mesin pengetahuan dan analisis risiko canggih yang menyesuaikan dengan ancaman baru yang muncul.”
Layanan ini telah belum diberlakukan tetapi kabar baiknya adalah bahwa Google sudah menerima pendaftaran oleh perusahaan yang mungkin ingin mengambil keuntungan dari sistem baru ini. Karena saat ini belum ada aksi nyata dari sistem tersebut, maka belum bisa dikatakan seberapa efektif sistem baru tersebut.

Selain itu, reCAPTCHA yang ada saat ini hanya mengharuskan pengguna untuk mengisi centang pada kotak dianggap cukup baik karena tidak menyusahkan pengguna, jadi jika sistem baru tidak memerlukan inputan apapun, maka sistem baru itu harus jauh lebih baik dari yang sudah ada sekarang.




Sumber:

https://www.beritateknologi.com/google-pekenalkan-invisible-recaptcha-untuk-memudahkan-pengguna-mengakses-berbagai-layanan/

Tidak ada komentar: