Jumat, 25 Januari 2019

Materi Pengembangan Bisnis

Definisi Pengembangan Bisnis


Pengembangan bisnis adalah tugas dan proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan bisnis, tetapi tidak termasuk keputusan strategis dan implementasi dari peluang pertumbuhan bisnis. Sedangkan untuk bisnis yang besar terutama dibidang teknologi industri, istilah pengembangan bisnis mengacu pada pengaturan dan mengelola hubungan strategis dan aliansi dengan yang lain.   .                                                                                                  

  Tingkatan Dalam Pengembangan Usaha

1. Memiliki ide usaha

Awal usaha seorang wirausahawan berasal dari suatu ide usaha. Ide usaha yang dimiliki seorang wirausahawan dapat berasal dari berbagai sumber. Ide usaha dapat muncul setelah melihat keberhasilan bisnis orang lain (pengamatan). Selain itu ide usaha juga dapat timbul karena adanya sense of business yang kuat dari seorang wirausahawan.

2. Penyaringan ide/Konsep usaha

Wirausahawan akan menterjemahkan ide usaha tersebut ke dalam konsep usaha yang merupakan penerjemah lebih lanjut ide usaha ke dalam matra – matra bisnis yang lebih spesifik. Penyaringan ide – ide usaha tersebut akan dilakukan melalui suatu aktivitas penilaian kelayakan ide usaha secara formal maupun yang dilakukan secara informal.

3. Pengembangan Rencana Usaha

Wirausahawan adalah orang yang melakukan penggunaan sumber daya ekonomi untuk memperoleh keuntungan. Dengan demikian komponen utama dari perencanaan usaha yang akan dikembangkan oleh seorang wirausahawan adalah perhitungan proyeksi rugi – laba dari bisnis yang dijalankan. Proyeksi rugi – laba merupakan muara dari berbagai komponen perencanaan bisnis lainnya yaitu perencanaan bisnis yang bersifat operasional. Dalam menyusun rencana usaha, harus segera ditambahkan bahwa para wirausahaan memiliki perbedaan yang mencolok dalam membuat rincian rencana usaha.

4. Implementasi rencana usaha dan pengendalian usaha

Rencana usaha yang telah dibuat baik secara rinci maupun global, tertulis maupun tidak tertulis selanjutkan akan diimplementasikan dalam pelaksanaan usaha. Rencana usaha akan menjadi panduan bagi pelaksanaan usaha yang akan dilakukan seorang wirausahawan. Dalam kegiatan implementasi rencana usaha, seorang wirausahawan akan mengerahkan berbagai sumber daya yang dibutuhkan seperti modal, material dan tenaga kerja untuk menjalankan kegiatan usaha.

Sumber:       
http://pbisnisp07.blogspot.com/2017/01/pengertian-pengembangan-bisnis-menurut.html 
https://syahrizal-ug.blogspot.com/2016/09/tahap-tahap-pengembangan-usaha.html

Selasa, 15 Januari 2019

Business Spirulina


Spirulina Store


Deskripsi bisnis

Disini kami ingin membuat sebuah bisnis di  bidang kosmetik kesehatan dengan menyediakan layanan penjualan dari masker spiriluna dengan harga yang terjangkau dan mudah didapat. Dengan bisnis ini kami yakin, peluang untuk mendapatkan keuntungan sangat besar, karena pada zaman modern seperti sekarang ini banyak sekali masyarakat yang ingin memiliki wajah yang bersih dah sehat Namun karena masker berkualitas sulit didapat dan harga yang ada dipasaran terbilang tidak murah, maka toko kami adalah solusinya . Dan dengan adanya bisnis ini, kami yakin dapat memenuhi keinginan keinginan masyarakat untuk mendapatkan masker yang bagus dan berkualitas

Manfaatnya

Memudahkan konsumen untuk mendapatkan masker spiriluna yang berkualitas dan harga terjangkau.

Planing kedepan

Kami ingin produk kami banyak dikenal oleh masyarakat luas dan apabila bisa kami ingin mengekspor produk kami hingga keluar negri.

Visi
  • Menjadikan masker spiriluna mudah didapat dengan harga terjangkau.


Misi
  • -          Membuka took offline di mall besar di Jakarta dan daerah
  • -          Memberikan pelayan yang baik dan berkualitas






Pemasaran
1.      

      Menentukan target komsumen
o   Layanan ini ditargetkan untuk konsumen Wanita/Pria.
o   Dan ditargetkan untuk konsumen usia remaja hingga dewasa.


Memanfaatkan Sosial Media untuk Memasarkan barang
o   Membuat website agar masyarakat dapat tahu secara jelas apa pruduk yang kita jual
o   promosi dengan cara mengiklankan layanan ini di instagram.
o   Menyediakan jasa belanja online
o   Menyediakan jasa COD

3.      Melakukan penetapan dengan benar
o   Menjaga harga untuk tetap stabil agar masyarakat tertarik untuk membeli

4.      Fast respon dalam melayani pelanggan via online


Senin, 29 Oktober 2018

Profil Perusahaan Shopee


Tugas Softskill 4IA17

Profil Perusahaan Shopee
Dosen: Waliya Rahmawati
Matkul: Pengantar Bisnis Informatika

Nama: Jag Erdani Bhayang P
Kelas: 4IA17
NPM:  53415516

Deskripsi Perusahaan
Shopee merupakan perusahaan e-commerce yang berada di bawah naungan Garena (berubah nama menjadi SEA Group), perusahaan internet di Asia Tenggara. Menjalankan bisnis C2C mobile marketplace, Shopee resmi diperkenalkan di Singapura pada tahun 2015 yang diikuti dengan negara Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.
Mengusung visi "Menjadi C2C Mobile Marketplace Nomor 1 di Asia Tenggara", Shopee yang berada di bawah naungan CEO, Chris Feng, pria lulusan terbaik dari Universitas Nasional Singapura yang memungkinkan para penggunanya membeli atau menjual barang melalui aplikasi yang tersedia di platform iOS dan Android.
Shopee Indonesia resmi diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2015 di bawah naungan PT Shopee International Indonesia. Menawarkan one stop mobile experience, Shopee menyediakan fitur live chat yang memudahkan para penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi dengan mudah dan cepat.
Barang atau Jasa yang spesifik dalam bidang TIK
Shopee Indonesia sebagai sarana jual beli daring yang menyediakan berbagai produk untuk menunjang aktivitas sehari-hari yang mencakup fashion, gadget, alat kosmetik, alat elektronik, hobi dan koleksi, fotografi, perlengkapan olahraga, otomotif, vitamin dan suplemen, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, souvenir dan pesta, hingga voucher belanja.

Luas Lingkup area Bisnis
Kontribusi terhadap penjualannya mencapai 40 persen. Shopee tumbuh pesat di tingkat regional dengan nilai transaksi lebih dari USD 3 miliar. Tingkat pengunduhan aplikasi juga cukup besar, yaitu 50 juta unduhan. Di Indonesia, Shopee diunduh 18 juta kali dengan lebih dari 60 juta pengguna aktif dan 750.000 penjual. Total di tujuh negara, ada lebih dari 3 juta penjual. Cakupan wilayah shopee sangatlah luas karena bekerjasama dengan jasa logistic di Indonesia.
Shopee Indonesia berkerjasama dengan beberapa jasa logistik di Indonesia, seperti JNEJ&T ExpressGO-JEK (Go-Send), dan Pos Indonesia untuk membantu proses pengiriman barang.

Informasi penting lainnya
Netizen Brand Choice Award
Shopee menerima "The Indonesian Netizen Brand Choice Award 2017" untuk kategori Belanja Online pada Maret 2017. Penghargaan ini merupakan bagian dari komitmen media Warta Ekonomi untuk mengapresiasi perusahaan dan brand di seluruh negeri yang telah menunjukkan dampak positif signifikan pada platform digital, khususnya di Media Sosial.
Marketing Award
Shopee menerima penghargaan sebagai salah satu pemenang “The Best in Marketing Campaign” di ajang penghargaan bergengsi Marketing Award 2017 yang dipersembahkan oleh Majalah Marketing pada September 2017 lalu. Terpilihnya Shopee merupakan pengakuan atas suksesnya kampanye pemasaran yang terpusat pada pengguna pada tahun sebelumnya, seperti Mobile Shopping Day 2016 dan Kampanye Ulang Tahun “Paling Murah” yang memberikan kontribusi signifikan terhadap performa bisnis Shopee dan industri e-commerce secara umum.
Bright Awards Indonesia 2017
Shopee menerima penghargaan di ajang “Bright Awards Indonesia 2017” untuk kategori Iklan Paling Berkesan (The Brightest Ad) mengungguli 6 nominator lainnya. Terpilihnya Shopee merupakan hasil pengakuan dari voting masyarakat Indonesia atas suksesnya iklan Shopee yang bertajuk “Parodi Jokowi”. Iklan ini mengusung tema kedekatan lokal Presiden Joko Widodo, yang sering memberikan sepeda untuk masyarakat Indonesia.
10 Iklan Terpopuler versi Youtube Indonesia
Shopee menerima penghargaan sebagai sepuluh iklan terpopuler yang paling banyak ditonton di platform Youtube Indonesia. Penghargaan ini dipilih Youtube Indonesia berdasarkan faktor penyampaian cerita secara bertahap dalam beberapa bagian, lokal dan seasonal, penggunaan sosok lokal yang tepat, serta durasi yang tepat.





Selasa, 21 Maret 2017

Invisible reCAPTCHA Fitur Google baru

Google Pekenalkan Invisible reCAPTCHA Untuk Memudahkan Pengguna Mengakses Berbagai Layanan

Jika anda sering bermain di dunia maya dan mengakses layanan tertentu, pastinya Anda tahu apa itu CAPTCHA, yang merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. CAPTCHA adalah sejenis kaedah challenge-respons untuk memastikan bahwa respon yang dihasilkan hanya boleh dibuat oleh manusia dan bukannya komputer. Salah satu alasan perlunya menggunakan CAPTCHA adalah untuk mencegah bot untuk mendaftar dan login ke berbagai layanan. Namun terkadang CAPTCHA yang digunakan cukup menyulitkan kita saat membacanya hanya untuk memastikan bahwa kita benar-benar manusia.
Itulah sebabnya mengapa Google menciptakan reCAPTCHA yang pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk mengisi centang ke box untuk mengkonfirmasi mereka bukan robot. Meskipun cara Ini cukup nyaman karena kita tidak perlu mengetik apapun, tampaknya Google ingin membuatnya lebih sederhana dengan memperkenalkan reCAPTCHA yang tidak terlihat.
Pada dasarnya ini adalah sistem baru yang bahkan tidak memerlukan input apapun dari pengguna untuk mengkonfirmasi bahwa mereka memang manusia, bukan bot. Google tidak menjelaskan secara detail cara kerja dari sistem baru ini, namun mereka mengatakan bahwa sistem ini menggunakan, “kombinasi mesin pengetahuan dan analisis risiko canggih yang menyesuaikan dengan ancaman baru yang muncul.”
Layanan ini telah belum diberlakukan tetapi kabar baiknya adalah bahwa Google sudah menerima pendaftaran oleh perusahaan yang mungkin ingin mengambil keuntungan dari sistem baru ini. Karena saat ini belum ada aksi nyata dari sistem tersebut, maka belum bisa dikatakan seberapa efektif sistem baru tersebut.

Selain itu, reCAPTCHA yang ada saat ini hanya mengharuskan pengguna untuk mengisi centang pada kotak dianggap cukup baik karena tidak menyusahkan pengguna, jadi jika sistem baru tidak memerlukan inputan apapun, maka sistem baru itu harus jauh lebih baik dari yang sudah ada sekarang.




Sumber:

https://www.beritateknologi.com/google-pekenalkan-invisible-recaptcha-untuk-memudahkan-pengguna-mengakses-berbagai-layanan/

Kamis, 12 Januari 2017

PENGENALAN TEKNOLOGI INTERNET & NEW MEDIA

PENGENALAN TEKNOLOGI INTERNET & NEW MEDIA

A. Pengertian Internet

Internet adalah sebuah jaringan global komputer di dunia,dapat diartikan juga sebagai Jaringan Komputer yang luas dan besar yang mendunia,yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,dimana di dalamnya terdapat berbagai macam sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.Internet berasal dari kata Interconnection Networking,yang artinya koneksi atau hubungan antara berbagai macam komputer dengan berbagai macam type dan jenisnya.
Internet di buat pada tahun 1969 oleh amerika untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Saat ini internet menjadi satu peranan penting untuk dunia dalam perkembangannya. Karena internet telah mencakup aspek-aspek di kehidupan manusia mulai dari aspek pendidikan, pemerintahan, bisnis, dan lainnya.

B. Pengertian New Media

New Media adalah istilah yang luas yang muncul di bagian akhir abad 20 untuk mencakup peleburan media tradisional seperti film, gambar, musik, lisan dan tertulis kata, dengan kekuatan interaktif dari komputer dan teknologi komunikasi, komputer memungkinkan konsumen perangkat dan yang paling penting Internet. Media Baru menyodorkan kemungkinan – permintaan akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta masukan dari pengguna yang interaktif, kreatif dan pembentukan partisipasi masyarakat di sekitar konten media. Apa yang membedakan media baru dari media tradisional bukan digitalisasi konten media ke bit, kecuali kehidupan dinamis dari konten baru “media” dan hubungan interaktif dengan konsumen media. Hidup ini dinamis, bergerak, bernafas dan berdenyut mengalir dengan kegembiraan secara real time.

1. Manfaat New Media

New Media memiliki manfaat untuk kita, dengan New Media kita akan mendapatkan Informasi – informasi dengan mudah dan cepat, berikut ini manfaat New Media :
Bidang Sosial
Dengan hadirnya Facebook, Twitter, Yahoo, Blog, hal tersebut sangat membantu untuk kita berinteraksi dengan seseorang.
Bidang Pendidikan.
Dengan adanya EBOOK,sangat memudahkan mahasiswa untuk belajar dan mencari materi serta lebih praktis.

Bidang Jual Beli
Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang, karena pembeli dan penjual sama” enak , sebagai contoh adalah pembeli yang mempunyai sifat malas untuk dating ke store” yang menjual barang yang di inginkan dapat mengakses website strore yang memiliki barang yang di inginkan.
2. Komponen New Media

Pada new media ada beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media yang digunakan  agar dapat berhubungan dengan new media,diantaranya adalah sebagai berikut:


·         Produsen merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.

·         Distributor adalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.

·         Konsumen adalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.

1.   Internet & Web
2.   Personal Komputer (PC) / Notebook
3.   Portable Media Player.
4.   Mobile Phone.
5.   Video Game/ Game Computer.
6.   Virtual Reality.

3. Aplikasi New Media

Facebook

Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Di facebook kita bisa menemukan teman kita yang sudah lama tak bertemu dan juga dapat menemukan banyak teman baru yang berasal dari seluruh dunia.
Selain itu kita bisa menyimpan foto dan video di Facebook. Kita juga bisa sharing kepada teman-teman kita jika punya foto atau video baru, yang dapat dilihat saudara dan teman kita yang jauh. Disinilah salah satu alasan facebook mau diharamkan, konon katanya facebook telah digunakan untuk ajang menyebarkan pornografi dan seks bebas.

Youtube

YouTube adalah media untuk upload video secara gratis dari file anda dan bisa di share secara online.  YouTube sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel karena kebanyakan YouTube di video-kan dalam bentuk lisan oleh authornya.

Wikipedia

Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.

4. Pandangan New Media

Menurut saya New Media merupakan media yang sudah umum di gunakan oleh masyarakat banyak, dan berperan sangat penting di kehidupan sosial, dengan adanya new media arus informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat dimana saja dan kapan saja, sebagai media transaksi jual beli, sebagai media hiburan contohnya, game online, jejaring sosial, streaming video, dll. Sebagai media komunikasi yang efisien, kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference. Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis.

Rabu, 11 Mei 2016

Phobia

Arithmophobia


Numerophobia atau Arithmophobia adalah ketakutan berlebihan, konstan dengan angka. Kata-kata Arithmophobia dan Numerophobia keduanya berasal dari bahasa Yunani Latin di mana akar kata singkatan angka, dan phobos adalah bahasa Yunani untuk "takut".

Banyak orang dari seluruh dunia takut nomor. Beberapa mungkin khusus takut angka seperti 13 (Triskaidekaphobia), 666 (Hexakosioihexekontahexaphobia), atau 8 (Octophobia) yang biasanya terkait dengan Bad Luck roh-roh jahat dll phobia seperti biasanya memiliki akar budaya atau agama yang sering diperburuk oleh media dan cerita rakyat .

Namun, Arithmophobic (atau Numerophobic) individu mungkin takut semua jenis nomor, terutama perhitungan matematika yang kompleks. Hanya memikirkan untuk memecahkan persamaan aritmatika yang sulit di sekolah atau melakukan perhitungan dalam kehidupan sehari-hari bisa menyebabkan kepanikan intens si penderita. Jarum untuk mengatakan, rasa takut nomor dapat menempatkan banyak pembatasan pada kehidupan phobia dan bahkan dapat mempengaruhi standar hidupnya. S / ia sering merasa malu untuk mengakui masalah yang menyebabkan seseorang untuk menjadi sosial ditarik.

Penyebab Arithmophobia


Banyak ahli percaya bahwa ketakutan nomor mungkin memiliki akar di awal Universal ketika manusia pertama mulai menjaga waktu, menjaga kalender dan menggunakan sistem numerik. Mesir di awal waktu, misalnya adalah yang pertama mengukur waktu menggunakan kalender matahari. Budaya lain masih menandai musim dan hari berdasarkan kalender lunar. Konsep nol diberikan oleh sarjana Hindu Aryabhatta. Hal ini semakin memunculkan fakta bahwa jumlahnya terbatas dan tidak pernah berakhir. Secara bertahap, dengan sistem pembelajaran yang canggih, manusia mulai menjaga waktu tidak hanya pada pengamatan fenomena surgawi tetapi pada perhitungan numerik dan kronologi. Ini menekankan fakta bahwa angka dan waktu yang kompleks, yang tidak diketahui, berbeda-beda dan seringkali sulit dipahami.

Sama seperti phobia lainnya, phobia ini memiliki asal contohnya di peristiwa traumatis, akar penyebab Arithmophobia juga mungkin terletak pada pengalaman negatif di masa lalu seseorang. Gagal atau buruk Matematika di sekolah dapat menyebabkan ketakutan permanen nomor. Setelah menjadi bahan ejekan, dipukul, dimarahi, diintimidasi untuk tidak memiliki nilai baik dalam ujian matematika juga bisa memicu Numerophobia. Orang tua mungkin tidak sadar menanamkan rasa takut nomor pada anak-anak. Laporan seperti: "Matematika sulit, Anda akan gagal jika Anda tidak belajar" juga dapat menyebabkan anak takut nomor.
  
Faktor genetik keturunan dan kimia pada otak kadang-kadang dapat menyebabkan phobia ini. Sama  seperti phobia nomor lainnya, phobia nomor tertentu seperti takut nomor 13 atau 666 dll dapat didorong oleh keyakinan budaya atau agama atau bahkan acara TV dan film tentang mereka.

Gejala Numerophobia
Gejala khas Numerophobia/Arithmophobia meliputi:


1.      Penghindaran perilaku = Seorang anak dengan Numerophobia mungkin menangis atau berteriak ketika berfikir untuk pergi ke sekolah (Didaskaleinophobia). Dia tidak dapat mengekspresikan ketakutan ini dan  mengarah ke diagnosis yang salah dari penyebab kecemasan ini. Orang Dewasa yang memiliki Arithmophobia mungkin akan mencoba menemukan cara untuk menghindari angka. Hal ini dapat mempengaruhi mereka dalam karir mereka atau kehidupan pribadi. Seringkali mereka mungkin malu tentang masalah mereka. Mereka mungkin berbohong atau menutupi ketidakmampuan mereka untuk menangani masalah ini, yang mengarah ke hubungan yang tidak tenang.

2.      Beberapa, cenderung sangat takut kepada nomor sehingga mengarah ke kecemasan penuh, sesak nafas, berkeringat deras, merasa seperti melarikan diri atau bersembunyi, peningkatan detak jantung, pernapasan cepat adalah sebuah tanda. The phobia juga merasa terlepas dari s reality- / ia mungkin mengalami mulut kering, merasa mati rasa atau kebingungan, atau mungkin tidak dapat mengungkapkan pikiran seseorang jelas.

3.      Beberapa penderita phobia ini mungkin bisa bekerja dengan angka, tetapi mungkin mengalami kecemasan mendalam saat melakukannya.
Arithmophobia sering menyebabkan phobia terobsesi angka. Menghadapi angka di kalender atau telepon (atau dalam catatan memiliki tanggal yang ditulis) dapat membanjiri phobia tersebut. Berbelanja di toko-toko kelontong di mana kita harus menambahkan harga barang-barang, atau tip di restoran mungkin menjadi pekerjaan yang sulit bagi phobia tersebut.

Mengatasi Arithmophobia

Ada banyak terapi yang tersedia saat ini untuk membantu Anda mengatasi rasa takut nomor. Ini adalah metode cepat dan handal yang mencakup kombinasi obat dan psikoterapi. Tentu, obat baris terakhir pengobatan tidak hanya mereka membentuk kebiasaan tetapi juga penuh efek samping. Namun, dalam kasus kecemasan ekstrim yang mempengaruhi kehidupan sekolah atau bekerja, anti-depresan ringan dapat membantu. Tentu, tujuan pengobatan tersebut harus perlahan-lahan mengurangi ketergantungan pada obat dan mencapai tahap di mana kita dapat menghindari respon panik saat melihat atau memikirkan angka.

Banyak pilihan pengobatan, terutama Neuro terapi pemrograman Linguistic dapat dimanfaatkan untuk mengatasi phobia ini. Terapi ini membantu memprogram ulang respon otak untuk angka dan meningkatkan kepercayaan diri seseorang saat bekerja dengan mereka.
terapi pemaparan bertahap dengan bantuan seorang praktisi yang terlatih juga dapat membantu seseorang mengatasi Arithmophobia. Ini termasuk dengan melihat angka, berpikir tentang mereka dan kemudian maju untuk memecahkan masalah sederhana dalam perhitungan numerik yang kompleks.


Konseling, terapi bicara dan hipnoterapi beberapa solusi lain yang sudah terbukti untuk mengatasi Numerophobia atau Arithmophobia ini.

Sumber: http://www.fearof.net/fear-of-numbers-phobia-numerophobia-or-arithmophobia/


Tanggapan

Phobia ini sangat mengganggu karena di keseharian kita pasti dihadapi dengan angka, sehingga para penderita menjadi terganggu pada kesehariannya. Mereka pun akhirnya menjalani kehidupannya dengan tidak bahagia karena di hantui oleh angka-angka yang ada setiap hari. Di jalan, di sekolah, dipasar, banyak sekali tempat-tempat dengan angka.


Saran

Sebaiknya phobia ini segera di obati dengan cara diatas karena bagi saya sangat tidak menyenangkan bila sedang berjalan-jalan dengan keluarga/teman dan kita melihat angka, akhirnya kita menjadi panik dan menggangu perjalanan yang lainnya. Dan untuk para penderita phobia ini, lawan lah ketakutan kalian dengan cara itu ketakutan kalian dengan perlahan akan hilang.

Senin, 07 Maret 2016

Kepribadian Bangsa Timur

Kata Pengantar

Puji dan syukur saya panjatkan ke hadirat Allah s.w.t karena berkat dan rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “Kepribadian Bangsa Timur” Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat saya harapkan demi sempurnanya makalah ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk mengembangkan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.



Penyusun,


Jag Erdani Bhayang Pratama




BAB I
PENDAHULUAN

Bangsa Timur umumnya dikenal baik dengan mengedepankan norma-norma, moral, dan etika, dan nilai adat istiadat serta nilai kebudayaannya yang sangat dijunjung tinggi. Kepribadian Bangsa Timur juga identik dengan tutur kata yang lemah lembut dan sopan dalam berpakaian serta santun dalam berperilaku. Tak heran bahwa Bangsa Timur sangat terkenal dengan keramah tamahan penduduknya yang lebih bersahabat. Salah satu dari bangsa timur itu adalah bangsa Indonesia. 

Sejak jaman dahulu bangsa Indonesia dikenal oleh bangsa lain sebagai bangsa yang memiliki kepribadian positif. Selain itu, Bangsa Indonesia juga dikenal sebagai Negara yang memiliki adat istiadat yang sangat beragam. Sebagai bangsa timur Indonesia dikenal juga sebagai bangsa yang memiliki kepribadian santun, ramah, suka bergotong-royong, peduli, empati, dan lain sebagainya.




BAB II
LANDASAN TEORI

kebudayaan bangsa timur di zaman yang semakin modern ini kebudayaan sudah menjadi hal yang bukan memperlihatkan kepribadian. karena sekarang kebudayaan sudah banyak di pengaruhi oleh faktor-faktor. yang membuat ke aslian budaya itu sendiri pudar dengan sendirinya.dilihat dari kebudayaan bangsa timur saja yang mulai mengkuti kebudayaan bangsa barat.
     
bicara tentang kebudayaan bangsa timur, dahulu sering dikenal bahwa kebudayaan bangsa timur adalah kebudayaan seorang bangsa yang baik, sopan, dan lebih bisa menjaga nilai-nilai kebudayaannya. tetapi kini bangsa timur sudah mulai tercemar oleh westernisasi atau pengaruh budaya barat. karena hampir semua budaya asli setiap bangsa timur muali berganti mengikuti kebudayaan bangsa barat dan biasanya itu kebuyaan yang lebih negative di banding kebudayaannya.

     
akibat dari pengaruh kebudayaan bangsa lain kedalam bangsa timur, membuat bangsa timur menjadi bangsa yang lebih buruk di pandangan dan tidak memiliki kepribadian yang sopan. selain itu akibat lainnya adalah lebih positive yaitu membuat kebudayan bangsa timur bisa di kembangkan dengan baik, dengan melihat juga kebudayaan bangsa barat yang baik.

     
bicara tentang kebudayaan bangsa timur, kita akan lebih kental dengan kebudayaan indonesia. kebudayaan indonesia mulai berubah, dahulu indonesia memiliki kebudayaan yang sangat baik, contoh gampangnya saja kesopanan terhadap wisatawan mancanegara. kebudayaan bangsa indonesia selain itu juga ada yang berbentuk seni yaitu reog, batik, wayang dan kawan kawan. tetapi kini budaya itu tidak di jaga dengan baik sehingga terjadi perebutan.

Indonesia sebagai salah satu contoh negara di bangsa timur yang kebudayaannya mulai di pengaruhi oleh budaya lain. kita lihat dari perubahannya, kebudayaan indonesia menjadi buruk, jadi menurut saya kebudayaan yang di pengaruhi itu berubah menjadi buruk.




BAB III
PEMBAHASAN

Manusia dimuka bumi ini mendiami wilayah yang berbeda, ada yang mendiami wilayah timur, wilayah barat dan wilayah timur tengah. Hal ini membuat kebiasaan, adat istiadat, kebudayaan dan kepribadian setiap manusia suatu wilayah berbeda dengan yang lainnya. Negara Indonesia termasuk ke dalam bangsa Timur, yang dikenal sebagai bangsa yang berkepribadian baik. Bangsa Timur dikenal dunia sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat. Orang-orang dari wilayah lain sangat suka dengan kepribadian bangsa Timur, mengapa? Karena mereka senang dengan kepribadian bangsa Timur yang tidak individualis dan saling tolong menolong.

Kepribadian bangsa timur dapat diartikan suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat toleransi yang tinggi. Kepribadian bangsa timur, kita Tinggal Di Indonesia termasuk ke dalam bangsa timur, dikenal sebagai bangsa yang berkepribadian baik. Di dunia bangsa timur dikenal sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat.

Bangsa timur identik dengan benua asia yang penduduknya sebagian besar berambut hitam, berkulit sawo matang dan adapula yang berkulit putih, bermata sipit. Sebagian besar cara berpakaian orang timur lebih sopan dan tertutup mungkin karena orang timur kebanyakan memeluk agama islam dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku. Namun di zaman yang sekarang ini orang timur kebanyakan meniru kebiasaan orang barat. Kebiasaan orang barat yang tidak sesuai atau bertentangan dengan kebiasaan orang timur dapat memengaruhi kejiwaan orang timur itu sendiri.

Pada umumnya kepribadian bangsa timur adalah sangat terbuka dan toleran terhadap bangsa lain, tetapi selama masih sesuai dengan norma, etika serta adat istiadat yang ada. Namun walaupun kita sudah tahu banyak tentang kepribadian bangsa Timur kita tidak bisa selalu beranggapan bahwa kebudayaan bangsa Timur lebih baik dari bangsa Barat. Karena semua hal pasti ada sisi positif dan negatifnya. Tidak ada di dunia ini yang sepenuhnya baik.


BAB IV
PENUTUP


Dimasa sekarang ini banyak sekali budaya-budaya kita yang mulai menghilang sedikit demi sedikit.Hal ini sangatlah berkaitan erat dngan masuknya budaya-budaya ke dalam budaya kita.Sebagai contoh budaya dalam tata cara berpakaian.Dulunya dalam budaya kita sangatlah mementingkan tata cara berpakaian yang sopan dan tertutup.Akan tetapi akaibat masuknya budaya luar mengakibatkan budaya tersebut berubah.Sekarang berpakaian yang menbuka aurat serasa sudah menjadi kebiasaan yang sudah melekat erat didalam masyarakat kita.Sebagai contoh lain jenis-jenis makanan yang kita konsumsi juga mulai terpengaruh budaya luar.Masyarakat sekarang lebih memilih makanan-makanan yang berasal dari luar seperti KFC,steak,burger,dan lain-lain.Masyarakat menganggap makanan-makanan tersebut higinis,modern,dan praktis.Tanpa kita sadari makanan-makanan tersebut juga telah menjadi menu keseharian dalam kehidupan kita.Hal ini mengakibatkan makin langkanya berbagai jenis makanan tradisional.Bila hai ini terus terjadi maka tak dapat dihindarkan bahwa anak cucu kita kelak tidak tahu akan jenis-jenis makanan tradisional yang berasal dari daerah asal mereka.
Tugas utama yang harus dibenahi adalah bagaimana mempertahankan, melestarikan, menjaga, serta mewarisi budaya lokal dengan sebaik-baiknya agar dapat memperkokoh budaya bangsa yang akan megharumkan nama Indonesia. Dan juga supaya budaya asli negara kita tidak diklaim oleg negara lain.Berikut beberapa hal yang dapat kita simak dalam rangka melestarikan budaya.



DAFTAR PUSTAKA